SALAH MA-SALAH


Setiap manusia memiliki masalah, tidak ada yang dibedakan baik besar ataupun kecil, yang membedakan hanyalah ada yang mampu menghadapinya dan ada yang takut dengannya sehingga masalah tak pernah terselesaikannya. Padahal kemanapun, dimanapun dan bagaimnapun kita pasti masalah akan senantiasa mengiringi perjalan hidup kita, jangan pernah lari dari masalah karena ketika kita berlalri maka masalahpun tiada pernah berhenti mengejar kita.
      Besar kecilnya masalah diukur dari bagaimana cara kita menghadapi masalah itu sendiri. Ketika kita sadar bahwa tidak mungkin allah memberikan masalah (Cobaan) melewati kadar kapasitas kemampuan hambanya, maka masalah itu akan terselesaikan ketika kita mengahadapinya namun ketika kita lari dari masalah maka sebenarnya kita sedang membuat masalah itu menjadi semakin besar. Setiap penyakit pasty ada obatnya dan setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, karena allah dalam menciptakan selalu memiliki pasangan, ada kaya ada pula miskin, senang sedih, tua muda, besar kecil,   dipermaslahkan melainkan untu menambah keyakinan kita bahwa hanya Allahlah yang tiada berbanding.
      Semakin tinggi kedudukan seseorang maka akan semakin berat juga tantangan yang diberikan Allah kepadanya, ibarat sebuah pohon maka semakin tinggi pohon maka akan semakin kencang pula angin yang menerpanya bukan hanya bisa membuat pohon itu bergoyang namun juga bisa membuatnya tumbang. Untuk itulah kenapa Allah menciptakan masalah tidak lain tidak bukan melainkan untuk menjadikan pendewasaan bagi hamba-hambanya, agar semakin sabar dan tabah dalam menjalankan hidup didunia ini.
Saya akan mengutip sebuah pernyataan Sayyidina Ali Bin Abi Thalib yang mengatakan bahwa Jangan pernah mencoba untuk menyerah dan juga jangan pernah menyerah untuk mencoba. Jangan sekali-kali mengatakan kepada Allah bahwa aku memiliki masalah besar tetapi katakanlah kepada masalah bahwa aku memiliki Allah yang Maha Besar. Terakhir, sadarlah bahwa tantangan datang bukan untuk ditakuti melainkan untuk ditakluki.


#SyairTanpoWadon

Komentar